http://alabaspos.com/
Home  / Sumut / Kapolri "ancaman teroris jelang Natal dan Tahun Masih tinggi ...
sumut

Kapolri "ancaman teroris jelang Natal dan Tahun Masih tinggi"

Apel Gelar Pasukan Ops ZEBRA TOBA 2013 Polres Sergai
Senin, 23 Desember 2013 | 17:51:19
dok ist
Kapolri Jenderal Pol.Sutarman
Sei Rampah.Pada hari Sabtu tanggal 21 September 2013 sekira pukul 08.00 wib bertempat di Lapangan Apel Polres Serdang Bedagai, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2013, dalam Apel Gelar pasukan tersebut  Kapolres Serdang bedagai AKBP B. ANIES PURNAWAN, SIK, M.Si sebagai Irup, Kasat Lantas AKP SOYA LATO sebagai Perwira upacara, IPTU ARBI sebagai Komandan Upacara diikuti serta dihadiri oleh Para Kabag, Kasat, Kapolsek dan seluruh Personil sejajaran Polres Serdang Bedagai serta Instansi terkait yaitu, unsur TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Senkom Mitra Polri dan Pramuka dan dari pihak Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai yang mewakili Bupati Kab.Serdang Bedagai.
 
Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2013 ini dilaksanakan sebagai tanda akan dimulainya Ops Lilin Toba 2013 yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2013  sampai dengan tanggal 01 Januari 2014 ( selama sepuluh hari ) dengan harapan Ops Lilin Toba 2013 ini berjalan dengan baik dan kondusif guna kenyamanan masyarakat dalam merayakan Natal 2013 dan tahun baru 2014.
 
Kapolres Serdang Bedagai AKBP. B. ANIES PURNAWAN, SIK, M.Si dalam Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba membacakan amanat Kapolri,dimana Kapolri dalam amanatnya mengatakan
Kepala kepolisian negara republik indonesia

” dalam rangka pengamanan natal 2013 dan tahun baru 2014. Apel gelar pasukan yang dilaksanakan hari ini, merupakan tahapan untuk melakukan pengecekan akhir, terhadap kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukung yang akan digunakan dalam pelaksanaan tugas, serta keterpaduan unsur terkait dalam pengamanan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, menjelang, pada saat dan pasca perayaan natal 2013 dan tahun baru 2014 .perayaan natal dan tahun baru merupakan momentum penting setiap akhir tahun, yang selalu diikuti dengan meningkatnya dinamika situasi kamtibmas, sehingga memerlukan upaya dan langkah pengamanan secara komprehensif dari polri, didukung oleh seluruh komponen masyarakat agar kegiatannya dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Seluruh rangkaian perayaan tersebut, diprediksi akan menyebabkan meningkatnya mobilitas dan intensitas kegiatan masyarakat, terutama di tempat ibadah, jalan protokol, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, obyek wisata, serta jalur lalu lintas lainnya, yang puncaknya akan terjadi pada malam pergantian tahun.

Hal ini berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas berupa terjadinya beberapa jenis tindak pidana, serta menyebabkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, kondisi cuaca yang saat ini memasuki musim hujan, akan berimplikasi pada timbulnya bencana banjir dan rusaknya kondisi jalan, yang dapat menghambat mobilitas masyarakat dari satu tempat ke tempat lain.

Menyikapi hal tersebut, polri harus mampu melakukan manajemen pengamanan secara sistematis dan terpadu, melalui pelibatan seluruh komponen masyarakat, sehingga tercipta situasi yang kondusif dan mendukung terselenggaranya perayaan natal dan tahun baru. Perlu menjadi perhatian kita bersama, bahwa untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan dan kerawanan yang muncul menjelang, pada saat dan pasca natal 2013 dan tahun baru 2014, polri bersama seluruh stakeholders menggelar operasi “lilin - 2013’’ selama 10 (sepuluh) hari, terhitung mulai tanggal 23 desember 2013 s.d 1 januari 2014.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini mengedepankan kegiatan preventif yang didukung kegiatan intelijen serta penegakan hukum guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan prima kepada masyarakat.
Pelaksanaan operasi ini, selain menitikberatkan pada antisipasi berbagai potensi gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas yang dapat mengganggu perayaan natal 2013 dan tahun baru 2014, juga memfokuskan pada antisipasi terhadap ancaman terorisme.

Hal ini disebabkan masih adanya sel - sel terorisme yang aktif melakukan kegiatan, ditandai dengan tertangkapnya para pelaku terorisme di beberapa wilayah di tanah air. Di samping itu, berbagai aksi anarkis, juga menjadi ancaman yang harus mendapatkan atensi dalam pengamanan natal dan tahun baru.

Semua potensi ancaman tersebut, harus mampu diatasi melalui langkah – langkah proaktif dan inovatif, agar seluruh kegiatan masyarakat menjelang akhir tahun 2013, dapat berjalan aman, lancar dan sukses. Hadirin peserta gelar pasukan yang saya hormati, pada operasi kali ini, akan diturunkan sebanyak 144.464 personel, yang terdiri dari 92.009 personel polri, 16.982 personel tni, dan 35.473 personel instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya. Gabungan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.962 pos pengamanan dan 620 pos pelayanan, yang tergelar di berbagai lokasi perayaan natal dan tahun baru di seluruh wilayah indonesia.
Berdasarkan karakteristik kerawanan daerah dan intensitas kegiatan masyarakat, maka pada pelaksanaan operasi “lilin - 2013” ini telah ditetapkan 2 (dua) daerah operasi, yaitu prioritas i meliputi 14 polda dan prioritas ii meliputi 17 polda. Pergelaran kekuatan personel pengamanan dan pembagian polda prioritas tersebut dilakukan, agar pelaksanaan operasi dapat berjalan secara optimal, serta masyarakat merasa aman dan nyaman dalam merayakan natal 2013 dan tahun baru 2014. Melalui optimalisasi operasi “lilin - 2013” ini diharapkan
 
1.Kelancaran lalu lintas pada titik rawan macet lalu lintas (trouble spot) lebih baik dari operasi tahun sebelumnya;
 
2. Angka kecelakaan lalu lintas serta korban meninggal dunia dapat berkurang dari operasi tahun sebelumnya;
 
3. Kondisi kamtibmas yang kondusif dapat tercapai.
 
Selain itu Kapolri menegaskan Keseluruhan tahapan perencanaan dalam rangka pengamanan natal 2013 dan tahun baru 2014 telah dilakukan, yang puncaknya pada pelaksanaan apel gelar pasukan ini. Perencanaan yang sudah baik ini merupakan tahapan yang penting dan utama dalam mencapai keberhasilan operasi. Namun demikian, perlu ditindaklanjuti dengan tahapan pelaksanaan, agar keberhasilan yang diharapkan dalam operasi benar – benar terwujud. Saya yakin dan optimis,

Dengan semangat kebersamaan dan keterpaduan, segala permasalahan dan potensi kerawanan dalam pelaksanaan operasi ini, dapat diatasi dengan baik. Oleh karena itu, guna memperkokoh semangat dan komitmen dalam pelaksanaan tugas operasi ini, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :
 
1. Petakan seluruh potensi kerawanan yang ada, supaya dapat segera dilakukan antisipasi, melalui deteksi dini dengan mengoptimalkan peran intelijen dan bhabinkamtibmas, untuk mengetahui segala fenomena dan dinamika masyarakat, guna mengantisipasi setiap permasalahan
Yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

2. Optimalkan pergelaran anggota di tengah - tengah masyarakat, sehingga kehadirannya dapat dirasakan sebagai penolong, pelayan dan sahabat masyarakat serta membantu dan meringankan beban masyarakat. Anggota polri yang bertugas harus dapat menumbuhkan kepekaan dan empati terhadap kesulitan yang dialami masyarakat.

3. Utamakan tindakan simpatik, serta hindari sikap arogan yang tidak mencerminkan jati diri kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

4. Hindari penyimpangan dan pelanggaran sekecil apapun, yang dapat merusak citra dan nama baik institusi. Hindari tindakan yang dapat menimbulkan kebencian dan berdampak pada menurunnya kepercayaan publik;

5. Berdayakan pos pengamanan dan pos pelayanan agar keberadaannya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat
Yaitu terciptanya rasa aman dan nyaman dalam kehidupan masyarakat pada perayaan natal dan tahun baru.

6. Tingkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan terjadinya aksi teror di tempat – tempat ibadah, pusat keramaian, serta kegiatan masyarakat lainnya, yang memanfaatkan momen perayaan natal 2013 dan tahun baru 2014;

7. Perkuat sinergi polisional dengan seluruh stakeholders, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat;

8. Berikan arahan yang jelas kepada seluruh anggota di lapangan, serta lakukan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi;

Kapolri juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya apel gelar pasukan operasi ”lilin - 2013” ini. Semoga pengabdian dan kerja keras yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Demikian amanat saya, semoga allah swt, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-nya kepada kita semua, dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. “selamat hari natal 2013 bagi yang merayakan dan selamat tahun baru 2014 serta selamat bertugas” sekian dan terima kasih, wassalamualaikum, wr, wb. (S.Hasibuan).

Share | Get Earn Money from Chitika Premium

Leave your comment.
Name*:
Email*:
Website:
Comment*:
: * Type the captcha!

BERITA LAINNYA

Rabu, 21 Juni 2017 | 07:38:45

PDAM Tirta Sejuk Diminta Beri Pelayanan Terbaik

TERPOPULER

Selasa, 13 Juni 2017 | 15:24:28    klik: 270

Pemkab Gayo Lues Kembali Terima WTP Untuk Ketiga Kalinya

Selasa, 6 Juni 2017 | 02:31:55    klik: 116

MK : Apa Dasar Hukum 2000 Surat Suara Pada PSU Gayo Lues ?

Senin, 19 Juni 2017 | 17:16:13    klik: 116

Jasa Medis Belum Dibayar Staf RSUD Audensi Ke Bupati Gayo Lues


copy right © 2010-2012. All Rights Reserved
  • Home
  • Redaksi
  • Buku Tamu
  • Index
  • RSS
  • Versi Mobile

  • Headline
  • Aceh Louser Antara
  • Aceh Barat Selatan
  • ACEH TENGGARA
  • Politik
  • Hukum
  • Sosial Ekonomi
  • Sport
  • Seni Budaya
  • Infotaiment
  • Sportaiment
  • Profil Tokoh
  • Wawancara
  • Profil Daerah
  • Pariwara
  • Nanggroe Aceh Darussalam
  • Features
  • Sumut
  • Opini
  • Jurnalis Warga
  • BACK TO TOP
    proudly by. arieweb