Puskesmas Kota Blangkejeren Layanan Pengobatan Akupuntur
Kamis, 9 November 2017 | 21:37:27

dok alabaspos/azhari lubis / dr.Basuni saat melakukan pengobatan akupuntur di Puskesmas Kota Blangkejeren.
Blangkejeren (alabaspos), Puskesmas Kota Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, selain sebagai Puskesmas rawat inap, juga melayani pasien dengan pengobatan tusuk jarum atau yang lebih populer dengan sebutan Akupuntur.

Pengobatan asal negeri tiongkok ini sudah dikenal sejak berabad abad lalu, bahkan dunia internasional juga telah mengakui teknik pengobatan ini, termasuk Indonesia, apalagi akupuntur diakui oleh para ahli medis, tidak memiliki efek samping dalam hal pengobatan, begitu juga pasien tidak akan merasa kesakitan, saat dilakukan pengobatan dengan cara menusukkan jarum ke bagian tubuh pasien.

"Untuk saat ini pengobatan akupuntur di Puskesmas Kota Blangkejeren dilakukan pada setiap hari rabu saja,selama jam kerja dan praktek pengobatan ini sudah berjalan beberapa bulan, bahkan untuk setiap hari rabu ada puluhan pasien berbagai macam rekaman penyakit, yang datang dan minta dilayani dengan pengobatan Akupuntur, semuanya harus kami layani, dan ruangan khusus bagi pasien akupuntur juga kami siapkan" ujar dokter Basuni selaku dokter yang memberikan pelayanan akupuntur di Puskesmas Kota Blangkejeren.

Hadirnya layanan Akupuntur di Puskesmas Kota Blangkejeren ini, tidak terlepas dari adanya pengiriman bagi dokter di Aceh ke Depkes di Jakarta, untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan teknik pengobatan akupuntur.
 
"saat itu kami dari Aceh hanya dua orang dokter yang dikirim ke Jakarta untuk pelatihan Akupuntur, salah satunya adalah saya sendiri, usai pelatihan kami diminta untuk membuka praktek di daerah masing masing, memang untuk Rumah sakit ada rencananya untuk praktek namun untuk saat ini difokuskan di Puskesmas Kota Blangkejeren, dan prakteknya setiap hari Rabu, layanan Akupuntur ini sudah ramai diminati oleh masyarakat, terbukti setiap hari Rabu, ada puluhan pasien yang datang dan minta dilayani dengan akupuntur" ujar Basuni yang juga ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Gayo Lues ini.

Dikatakannya untuk masyarakat yang ingin menggunakan pengobatan akupuntur Puskesmas Kota Blangkejeren sudah membuka praktek, tidak dipungut bayaran pasien hanya diminta untuk membeli jarumnya saja sebesar Rp 20 Ribu, sebab untuk jarum akupuntur belum ada tersedia anggarannnya.

Beberapa pasien akupuntur setelah menjalani teraphi tusuk jarum ini mengatakan, manfaat dari akupuntur sangat dirasakan sekali manfafaatnya, bahkan salah seorang pasien yang terkena penyakit stroke ringan sudah sembuh karena rutin melakukan pengobatan akupuntur ini. (azl)